Selasa, 09 Agustus 2011

Bimbingan Teknis Pertanian 2011: Alpukat (Sumber:http://www.bp4k.bogorkab.go.id/)

 Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor (BP4K)
Genjot Bintek Tentang Pengembangan Agribisnis Komoditas Alpukat Tahun 2011

 
Acara Pembukaan Bintek

 

Bimbingan Teknis Penanganan Pengembangan Agribisnis Komoditas Alpukat  yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor 2011, dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 21 dan 22 Juni 2011 di Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk. Pelatihan dilaksanakan di Aula Sekretariat Mekar Sejahtera dan di hadir Sekretaris Desa Cipelang Serta Perwakilan dari Kecamatan Cijeruk. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang merupakan anggota kelompok tani mekar sejahtera yang merupakan petani alpukat.
Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BP4K Ir. Hj. Siti Farikah, MM, sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah  Bapak Abdurahman dari Kebun Percobaan Cipaku Bogor dan Moch. Sardjana dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor serta penyuluh pertanian dilingkup BP4K Kabupaten Bogor dan narasumber dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor.
Materi yang di berikan dalam pelatihan ini antara lain budidaya alpukat, hama dan penyakit tanaman alpukat, kehilangan hasil pada tanaman alpukat serta  analisa usaha tani alpukat. Untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja dan peran kelompok dalam usaha bididaya alpukat diberikan pula materi tentang dinamika kelompok serta materi penumbuhan dan pengembangan koperasi tani.
Para peserta pelatihan memperoleh ilmu tentang penanaman dan perawatan tanaman alpukat dari narasumber sehingga diharapkan akan dihasilkan alpukat yang bermutu dengan produktivitas yang tinggi. Selain itu para peserta juga mendapatkan cara atau teknik perbanyakan tanaman alpukat.
Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini para petani alpukat di desa Cipelang kecamatan Cijeruk dapat melaksanakan usaha agribisnis Alpukat sesuai dengan prosedur yang baik dan benar serta dapat meningkatkan produktivitas alpukat di kecamatan Cijeruk khususnya di desa cipelang dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu para petani dapat memperkuat kelompok agar lebih kompak dan maju serta membangun koperasi tani guna mendukung permodalan tani dan usaha pemasaran hasil pertanian di desa cipelang.

Materi dari Distanhut 

Materi Budidaya Alpukat 

Materi Dinamika Kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar