Rabu, 03 Agustus 2011

Bimbingan Teknis Pertanian 2011: Manggis di Leuwiliang (Sumber: http://www.bp4k.bogorkab.go.id/)

Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor (BP4K)
Mendorong Peningkatan Produksi manggis Dengan Bintek Tentang Pengembangan Agribisnis Komoditas Manggis Tahun 2011

Pembukaan Pelatihan
 

Bimbingan Teknis Pengembangan Agribisnis Komoditas Manggis yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor 2011, dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2011 di Desa Karyasari Kecamatan Leuwiliang. Pelatihan dilaksanakan di Rumah Kelompok Tani Pak Pe’i kampung Rancabadak dan di hadir Kepala Desa Karyasari Serta Perwakilan dari Kecamatan Leuwiliang. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang merupakan anggota kelompok tani Taruna Tani yang merupakan petani manggis.
Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BP4K Ir. Hj. Siti Farikah, MM, sebagai narasumber dalam pelatihan kali ini antara lain dari Kebun Percobaan Cipaku Bogor yaitu Bapak Abdurahman dan Moch. Sardjana dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Bogor serta penyuluh pertanian dilingkup BP4K Kabupaten Bogor.
Materi yang di berikan dalam pelatihan ini antara lain budidaya manggis, hama dan penyakit manggis, kehilangan hasil pada tanaman manggis serta  analisa usaha tani manggis. Untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja dan peran kelompok dalam usaha bididaya manggis diberikan pula materi tentang dinamika kelompok serta materi penumbuhan dan pengembangan koperasi tani.
Para peserta pelatihan sangat antusias dan aktif mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat langsung menerima ilmu dari ahli tanaman perkebunan dan buah buahan serta mendapatkan teknik dan cara penanaman manggis sehingga hasil panen bermutu baik dan produktivitasnya lebih tinggi.
Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini para petani manggis di desa Karyasari kecamatan Leuwiliang dapat melaksanakan usaha agribisnis komoditas manggis sesuai dengan prosedur yang baik dan benar serta menyebarluaskanya kepada petani manggis lainnya sehingga produktivitas manggis di kecamatan Leuwiliang khususnya di desa Karyasari semakin meningkat dan memiliki kualitas yang baik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi di pasar dalam negeri maupun luar negeri.
Antusiasme Peserta Pelatihan
Pemberian Materi Budidaya Manggis

Pemberian Materi Koperasi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar