Rabu, 03 Agustus 2011

Bimbingan Teknis Pertanian 2011: Manggis di Sukajaya (Sumber: http://www.bp4k.bogorkab.go.id/)

Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor (BP4K)
Pacu Peningkatan Produksi Manggis Dengan Bintek Tentang Pengembangan Agribisnis Komoditas Manggis Tahun 2011

Pembukaan Pelatihan

 
Bimbingan Teknis Pengembangan Agribisnis Komoditas Manggis dilaksanakan BP4K Kabupaten bogor yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor 2011, bintek dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 Mei 2011 di desa Harkat Jaya Kecamatan Sukajaya. Peserta pelatihan merupakan petani dari kelompok tani Cidurian. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Harkat Jaya Jl. Kiara Pandak Km 7 dan di hadiri oleh kepada desa Harkat jaya. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan petani manggis di desa setempat.
Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BP4K Ir. Hj. Siti Farikah, MM, pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Kebun Percobaan Cipaku Bogor yaitu Bapak Abdurahman  dan bapak Moch. Sardjana dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan perdagangan Kabupaten bogor, selain itu narasumber lainnya merupakan penyuluh pertanian dilingkup BP4K Kabupaten Bogor serta perwakilan dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor.
Materi yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain budidaya manggis, hama dan penyakit manggis, penanganan pasca panen dan pengolahan manggis serta  analisa usaha tani manggis. Untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja dan peran kelompok dalam usaha bididaya manggis diberikan pula materi tentang dinamika kelompok serta materi penumbuhan dan pengembangan koperasi tani.
Para peserta pelatihan sangat antusias dan aktif mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat langsung menerima transfer ilmu materi dari ahli tanaman perkebunan dan buah buahan dan meminta solusi atas permasalahan yang terkadang mereka alami dalam usaha agribisnis manggis.
Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini para petani manggis di desa Harkat jaya kecamatan Sukajaya dapat melaksanakan usaha agribisnis komoditas manggis sesuai dengan prosedur yang baik dan benar serta menyebarluaskanya kepada petani manggis lainnya sehingga produktivitas manggis di kecamatan Sukajaya khususnya di desa harkat jaya semakin meningkat dan memiliki kualitas yang baik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi di pasar dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, penumbuhan dan pengembangan koperasi juga merupakan salah satu cara untuk memecahkan permasalahan permodalan ataupun usaha pemasaran dalam usaha agribisnis manggis ini

Sambutan Kepala Desa 

Pemberian Materi Budidaya Manggis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar