Selasa, 09 Agustus 2011

Bimbingan Teknis Pertanian 2011 : Padi SRI Cijeruk (Sumber:http://www.bp4k.bogorkab.go.id/)

Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor (BP4K)
Menyukseskan Peningkatan Produksi Beras Dengan Bintek Tentang Pengembangan Agribisnis Komoditas Padi Melalui SRI
Tahun 2011

Pembukaan Pelatihan Bintek 

 

Bimbingan Teknis Penanganan Pengembangan Agribisnis Komoditas Padi melalui SRI yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor 2011, dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 5 dan 6 Juli 2011 di Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk. Pelatihan dilaksanakan di rumah bendahara kelompok tani Medal jaya kampung belakang Rt. 01/07 dan di hadiri Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Cijeruk. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang merupakan anggota kelompok tani medal jaya yang merupakan petani padi.
Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BP4K Ir. Hj. Siti Farikah, MM, sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah  Bapak Ade Santika, SP dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dan Moch. Sardjana dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor serta penyuluh pertanian dilingkup BP4K Kabupaten Bogor dan narasumber dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor.
Materi yang di berikan dalam pelatihan ini antara lain budidaya padi melalui SRI, hama dan penyakit padi melalui SRI, kehilangan hasil pada padi melaui SRI serta  analisa usaha tani padi melalui SRI. Untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja dan peran kelompok dalam usaha bididaya padi diberikan pula materi tentang dinamika kelompok serta materi penumbuhan dan pengembangan koperasi tani.
Para peserta pelatihan memperoleh ilmu tentang penanaman dan perawatan padi melalui sistem SRI dan keuntungan yang akan petani dapatkan dengan menerapkan sistem SRI dari narasumber sehingga diharapkan akan dicapai peningkatan produksi beras yang bermutu dan menguntungkan bagi petani padi.
Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini para petani padi di desa Cipicung kecamatan Cijeruk dapat melaksanakan usaha agribisnis padi sesuai dengan prosedur yang baik dan menerapkan sistem SRI serta dapat meningkatkan produktivitas beras di kecamatan Cijeruk khususnya di desa cipicung dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu para petani dapat memperkuat kelompok agar lebih kompak dan maju serta membangun koperasi tani guna mendukung permodalan tani dan usaha pemasaran hasil pertanian di desa cipicung.

Sambutan Ka. Sie. Ek. Bang Kecamatan Cijeruk


Pemberian Materi dari Distanhut 

Pemberian Materi Perkoperasian 

Pemberian Materi Budidaya Padi melalui SRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar