Selasa, 09 Agustus 2011

Bimbingan Teknis Pertanian 2011 : Talas (Sumber; http://www.bp4k.bogorkab.go.id/)

Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor (BP4K)
Membina Petani Talas Dengan Bintek Tentang Penanganan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Pertanian Komoditas Talas
Tahun 2011

Acara Pembukaan 

 

Bimbingan Teknis Penanganan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Pertanian Komoditas Talas yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor 2011, dilaksanakan BP4K Kabupaten bogor selama dua hari pada tanggal 14 dan 15 Juni 2011 di Desa Tajur halang Kecamatan Cijeruk. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Tajur halang dan di hadir Kepala Desa Tajur halang Serta Sekertaris Camat dari Kecamatan Cijeruk. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang merupakan anggota kelompok tani maju yang merupakan petani talas.
Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BP4K Ir. Hj. Siti Farikah, MM, pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor  Bapak Moch. Sardjana dan penyuluh pertanian dilingkup BP4K Kabupaten Bogor serta Narasumber dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabuparen Bogor.
Materi yang di berikan dalam pelatihan ini antara lain budidaya talas, penanganan pasca panen dan pengolahan talas, kehilangan hasil pada tanaman talas serta  analisa usaha tani talas. Untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja dan peran kelompok dalam usaha bididaya manggis diberikan pula materi tentang dinamika kelompok serta materi penumbuhan dan pengembangan koperasi tani.
Para peserta pelatihan sangat antusias dan aktif mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat langsung memperoleh ilmu tentang penanaman dan perawatan tanaman talas sehingga di hasilkan talas yang bermutu dengan kuantitas yang lebih besar. Selain itu para peserta juga mendapatkan berbagai macam cara pengolahan talas sehingga talas yang dihasilkan memiliki nilai tambah untuk di jual di pasaran.
Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini para petani talas di desa Tajur halang kecamatan Cijeruk dapat melaksanakan usaha agribisnis talas sesuai dengan prosedur yang baik dan benar serta menyebarluaskanya kepada petani lainnya sehingga produktivitas talas di kecamatan cijeruk khususnya di desa tajur halang semakin meningkat dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu para petani dapat mengolah talas menjadi berbagai macam produk siap konsumsi sehingga dapat memperluas pasar dari talas dan meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk talas.

Sambutan SekCam Cijeruk

 Materi Kebijakan Talas dari Distanhut Kab. Bogor

 Pemberian Materi Analisa Usaha Tani

Pemberian Materi Pasca Panen Talas
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar