Minggu, 31 Juli 2011

Bimbingan Teknis Pertanian BP4K 2011:Nenas (Sumber: http://www.bp4k.bogorkab.go.id/)

Pengembangan Komoditas Nenas 5-6 April 2011 di Caringin

Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor (BP4K)
Memfasilitasi Kebutuhan Petani Dengan Bintek Tentang Pengembangan Agribisnis Komoditas Nenas Tahun 2011

Pembukaan Oleh Kepala BP4K Kab. Bogor

 

Bimbingan Teknis Penanganan Pengembangan Agribisnis Komoditas Nenas dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 5 dan 6 April 2011 yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor 2011. Pelatihan dilaksanakan di Aula BP3K Wilayah Caringin, Jl. Rangga mekar Kelurahan Rangga mekar dan dihadiri Kepala BP4K kabupaten Bogor. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang merupakan anggota kelompok tani mekar sejahtera desa cipelang kecamatan cijeruk yang merupakan petani nenas.
Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BP4K Ir. Hj. Siti Farikah, MM, sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah  penyuluh pertanian dilingkup BP4K Kabupaten Bogor dan perwakilan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor serta Bapak Moch. Sardjana dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor.
Materi yang di berikan dalam pelatihan ini antara lain budidaya nenas, hama dan penyakit tanaman nenas, penanganan pasca panen dan pengolahan hasil nenas, analisa usaha tani nenas serta teknik pembuatan pupuk organik. Untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja dan peran kelompok dalam usaha bididaya manggis diberikan pula materi tentang dinamika kelompok serta materi penumbuhan dan pengembangan koperasi tani.
Para peserta pelatihan memperoleh ilmu tentang persiapan lahan, pengolahan lahan penanaman serta perawatan dan pemanenan nenas dari narasumber sehingga diharapkan akan dihasilkan nenas yang bermutu dengan produktivitas yang tinggi. Selain itu para peserta juga mendapatkan cara atau teknik pembuatan pupuk organik.
Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini para petani nenas di desa Cipelang kecamatan Cijeruk dapat melaksanakan usaha agribisnis nenas sesuai dengan prosedur yang baik dan benar serta dapat meningkatkan produktivitas nenas di kecamatan cijeruk khususnya di desa cipelang semakin meningkat dan memiliki kualitas yang baik.
Materi Budidaya Nenas 

Materi dari Koordinator Pertanian BP4K 

Pemberian Materi Perkoperasian 

Praktek Pembuatan Kompos 

 Foto Bersama Peserta dan Narasumber

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar