Minggu, 31 Juli 2011

Bimbingan Teknis Pertanian BP4K 2011:Anggrek (Sumber: http://www.bp4k.bogorkab.go.id/)

Pengembangan Komoditas Anggrek 18-19 Mei 2011 di Gunung Sindur 

Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor (BP4K)
Mendorong Produksi Anggrek Dengan Bintek Tentang Pengembangan Agribisnis Komoditas Anggrek
Tahun 2011

Pemberian Materi Budidaya Anggrek 

 

BP4K Kabupaten Bogor Melaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Agribisnis Komoditas Anggrek yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor 2011, dilaksanakan selama dua hari pada 18 dan 19 Mei 2011 di desa Pangasinan Kecamatan Gunung  Sindur. Kelompok tani yang memperoleh kesempatan untuk mendapat pelatihan ini adalah kelompok tani Bina Tani. Pelatihan dilaksanakan di sekertariat Kelompok Bina Tani Kp. Kebon Kopi Rt. 02/05. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan petani tanaman hias di desa setempat.
Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BP4K Ir. Hj. Siti Farikah, MM, dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Balai Penelitian Tanaman Hias Pacet Cianjur yaitu Ibu Dr.Ir. Anggraeni Santi yang merupakan Peneliti tanaman hias. Narasumber berikutnya adalah Moch. Sardjana dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan perdagangan Kabupaten bogor. Selain itu narasumber lainnya merupakan penyuluh Pertanian dilingkup BP4K Kabupaten Bogor.
Materi yang di berikan dalam pelatihan ini antara lain budidaya tanaman anggrek, hama dan penyakit tanaman anggrek, analisa usaha tani tanaman anggrek. Untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja dan peran kelompok dalam usaha bididaya tanaman hias khususnya anggrek diberikan pula materi tentang dinamika kelompok serta materi penumbuhan dan pengembangan koperasi tani.
Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat langsung menerima materi dari peneliti tanaman hias dan meminta solusi atas permasalahan yang terkadang mereka alami dalam usaha agribisnis tanaman hias komoditas anggrek kepada ahlinya.
Diharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini para petani tanaman hias di desa pangasinan kecamatan gunung sindur dapat melaksanakan usaha agribisnis komoditas anggrek sesuai dengan prosedur yang baik dan benar serta menyebarluaskanya kepada petani tanaman hias lainnya sehingga produktivitas hasil usaha tani anggrek semakin meningkat dan memiliki kualitas yang baik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran tanaman hias.
Materi Analisa Usaha Tani

 
Presentasi Analisa Usaha Tani

Pemberian Praktek Budidaya Anggrek 

Foto Bersama Peserta dan Narasumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar